KONSEP KEHIDUPAN MANUSIA DALAM RUANG DAN WAKTU

 Sejarah_10.jpg

Pengertian Konsep Manusia, Ruang dan Waktu Dalam Sejarah

a. Manusia
Manusia dan sejarah itu selalu berkaitan. Tanpa sejarah maka keberadaan manusia di muka bumi patut dipertanyakan asal usulnya. Sementara itu tanpa manusia maka sejarah tidak akan pernah tercipta. Maka dari itu manusia adalah unsur utama sejarah.

Manusia punya kedudukan sebagai objek dan subjek sejarah. Sebagai objek sejarah, manusia merupakan aktor dalam setiap kejadian sejarah. Sebagai subjek sejarah, manusia berperan merekonstruksi sebuah kejadian menjadi sebuah kisah atau cerita.

b. Ruang
Dalam kajian sejarah ada unsur yang tidak bisa lepas yaitu ruang. Peristiwa hanya akan terjadi pada suatu tempat tertentu. Contohnya Peristiwa Rengasdengklok terjadi di Karawang, Proklamasi di Jl Pegangsaan 56, Jakarta dan lainnya. Artinya hanya akan ada satu kejadian pada satu tempat. Peristiwa itu secara otomatis tidak terjadi di tempat lain karena terikat oleh ruang.

c. Waktu
Sejarah merupakan kejadian-kejadian yang dialami manusia pada masa lalu. Kejadian ini merupakan bukti bahwa kehidupan manusia tidak dilepaskan dari unsur waktu. Meski itu tidak semua kejadian yang dialami manusia di masa lalu dapat disebut peristiwa sejarah.

Hal ini karena peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak terulang lagi. Bila peristiwa terjadi berulang-ulang maka bukan berarti peristiwanya kembali terjadi namun pola-pola peristiwa yang memiliki kesamaan dengan peristiwa pada masa lalu.

Sejarah 10 - Konsep Ruang dan Waktu.jpg

Keterkaitan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan

Kehidupan manusia dan masyarakat cenderung bergerak dan terus berkembang. “Panta rei” begitu kata Heraclitus, yang artinya, tidak ada yang tidak berubah, semua mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah. Selain Heraclitus, Wertheim pernah menuliskan “History is a continuity and change” (Sejarah adalah peristiwa yang berkesinambungan dan berubah). Itulah maksud dari keterkaitan manusia dalam konsep perubahan, Squad.

Selain keterkaitan manusia dalam konsep perubahan, manusia pun hidup berkaitan dengan konsep keberlanjutan. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan? Kalau RG Squad senang mengikuti peristiwa sejarah, kalian akan sadar bahwa sebuah peristiwa itu memiliki rangkaian, dan itu merupakan peristiwa berkelanjutan.

Kehidupan manusia hari ini tidak terlepas dari kehidupan manusia pada masa lampau, begitu juga dengan masa yang akan datang, oleh karena itu dapat disebut mata rantai kehidupan manusia. Sebuah peristiwa selalu berkaitan dengan peristiwa lainnya, tidak terpisahkan.

Sejarah 10 - Konsep perubahan dan keberlanjutan.jpg

Ada dua faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan dan perkembangan yang berkelanjutan, diantaranya:

Sejarah 10 - Faktor-faktor Konsep perubahan dan keberlanjutan.jpg

Keterkaitan kehidupan manusia masa lalu untuk kehidupan masa kini

Pastinya ingat dong pesan Ir. Soekarno, “JASMERAH” (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Sepenggal kata itu selalu teringat di benak kita semua. Betapa Soekarno begitu menganjurkan kita semua untuk tidak lupa pada sejarah. Kenapa kita tidak boleh melupakan sejarah?

Oke jadi gini, sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampauNah, berdasarkan konsep ruang dan waktu, kemudian adanya konsep perubahan dan keberlanjutan, kondisi masa lampau sangat berpengaruh pada kondisi hari ini. Sejarawan asal Indonesia, Sartono Kartodirjo pernah mengatakan hal yang sangat dalam, baginya orang-orang yang lupa dengan masa lampaunya itu telah kehilangan identitas, oleh karena itu orang-orang tersebut dapat membahayakan masyarakat di sekitarnya.

0 Comments:

Posting Komentar