ASKING AND GIVING INFORMATION

Dalam kehidupan sehari-hari kususnya dalam berkomunikasi ada question (pertanyaan) dan answer (jawaban)  antara speaker (pembicara) dan listener ( pedengar). Dalam sebuah percakapan antara speaker dan listener pasti terdapat pertanyaan dan jawaban seperti contoh sederhana yaitu saat kita mengucapkan “how are you?”

maka lawan bicara kita akan menjawabnya ” I am fine” atau “I am not really fine” atau jawaban lainnya. Dalam berkomunikasi hal yang terpenting aadalah maksud dan tujuan kita tersampaikan seperti mengungkapkan sesuatu (memberikan informasi/giving Information) atau menannyakan sesuatu (menanyakan sesuatu/ asking information).


Apa yang Dimaksud Dengan Asking and Giving Information?

Asking & Giving information adalah Sebuah kalimat ekspresi, memang tidak akan dibutuhkan untuk saat ini, akan tetapi pada masa depan kamu nanti saat berada di keadaan mendesak. Arti dari asking itu sendiri berarti bertanya, atau menanyakan sesuatu yang berarti kan kamu menanyakan sebuah informasi, kepada seseorang disaat tertentu. Sedangkan giving, yang memiliki arti memberikan atau menyampaikan informasi kepada orang.

Contoh  Percakapan Asking dan Giving Information


Contoh Kalimat Asking and Giving Information
Contoh Kalimat Asking and Giving Information

Menggunakan bahasa formal:

1. Could you tell me about the exam day?
Artinya: dapatkah anda memberitahu saya tentang ulangan?
Ketika kamu belum begitu akrab dengan beberapa orang di sekeliling, maka ada baiknya jika kamu menggunakan bahasa yang formal. Mungkin situasi ini akan jarang terjadi, akan tetapi meskipun terhadap teman, biasanya ada saja yang belum begitu akrab. Sehingga kamu diharuskan untuk memohon, dalam meminta sebuah informasi menggunakan bahasa yang lebih formal, akan berkesan lebih baik lagi.

2. Could you find out where she lives?
Artinya: dapatkah anda memberi tahu saya tempat dia tinggal?
Pertanyaan ini, biasanya akan diberikan kepada seseorang yang belum anda kenal, ketika kamu berada pada suatu tempat atau kondisi yang mendesak. Misalnya, ada seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau kantor, kemudian kamu membutuhkan informasi lebih mengenai dirinya. Dengan pertanyaan inilah, kamu bisa mengenal lebih jauh seperti menanyakan lokasi tempat tinggal orangnya.

3. Would you mind to tell me about the story?
Artinya: apakah anda tidak keberatan untuk menceritakan cerita itu?
Menjadi orang yang serba ingin tahu bukanlah hal yang buruk atau baik, karena semuanya akan lebih baik jika kamu bisa mengkondisikanya. Disini, ada sebuah cara yang bisa kamu lakukan, ketika kamu ingin mencari tahu mengenai sebuah cerita. Kemudian kamu memintanya, dari beberapa orang atau seseorang yang belum begitu kamu kenal, penggunaan dari kalimat ini bisa membantu kamu untuk bertanya.

4. I wonder if you could tell me about her lifestyle?
Artinya: dapatkah anda memberitahu saya mengenai cara hidupnya?
Biasanya untuk mengenal lebih seseorang, kamu diharuskan untuk mengetahui cara hidupnya, sehingga kamu bisa menjadi lebih dekat lagi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan, adalah menanyakannya kepada orang ter dekatnya, yang memang bisa memberitahu kamu segala hal yang diperlukan. Dengan cara bahasa yang formal, nantinya dalam menanyakan informasi tidak akan berkesan tidak sopan.

5. Would you like to explain about the rules?
Maukah anda memberikan penjelasan tentang peraturannya?
Ketika kamu berada dalam suatu lokasi, mungkin ketika kamu berkunjung ke museum atau kebun binatang, biasanya kamu akan menemukan beberapa peraturan yang harus ditepati. Dalam hal ini, kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan kalimat ini, ketika kamu ingin bertanya mengenai peraturannya, dengan penjelasan yang lebih detail lagi.

Dengan cara Non-Formal:

1. Can you tell me what time it is?
Artinya: Bisakah kamu memberitahu saya jam berapa sekarang?
Sesuatu yang sering untuk ditanyakan, adalah informasi mengenai waktu. Yang biasanya akan kamu tanyakan ketika kamu lupa atau tidak memiliki alat, untuk mengetahui waktu. Pertanyaan ini memang sering digunakan, kepada beberapa orang yang memang pada dasarnya sudah kamu kenal dekat.

2. Can you tell me about the schedule?
Artinya:Bisakah kamu memberitahu saya tentang jadwal tersebut?
Biasanya ketika kamu berada di sekolah, kamu akan membutuhkan informasi, mengenai jadwal yang akan dipelajari pada hari itu. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kalimat ini untuk menanyakan informasinya. Penggunaan kalimat ini, memang akan pantas jika kamu menanyakan ke teman sebaya.

3. Do you know what happen in his room?
Artinya: Apakah kamu tahu apa yang terjadi di ruangan ini?
Sesuatu yang mungkin terjadi, memang tidak bisa di prediksi begitu saja, termasuk pada kalimat yang satu ini. Kamu bisa menggunakan kalimat ini untuk orang yang sudah kamu kenal.

4. Can anyone tell me what happen?
Artinya: Bisakah kamu memberitahu saya apa yang terjadi?

Biasanya ketika terjadi sesuatu, yang mungkin membuat kamu bingung, kamu bisa mencoba untuk menanyakannya kepada teman dengan menggunakan kalimat ini. Bisanya kalimat ini memang sering digunakan, ketika ada sesuatu yang terjadi di suatu tempat, dengan penggunaan kalimat yang digunakan untuk orang yang sudah akrab dengan anda, atau untuk orang yang sebaya.

Contoh Dialog Asking and Giving Information 

Fajar      :  Excuse me. I have just moved here two days ago. I am your new neighbour, Fajar. Nice to meet you (Permisi. Saya baru pindah ke sini dua hari yang lalu. Saya tetangga baru kamu, Fajar. Senang berkenalan denganmu)

Malik     : Ohh hai Malik. I am Fajar. Nice to meet you, too. (Ohh hai Malik. Saya Fajar. Senang berkenalan denganmu juga)

Fajar      : Oh yeah Malik, because I am new, I don’t know shops around here. I want to go to nearby Market, could you tell me where is it? (Oh yeah Malik, karena saya baru,saya tidak tahu toko-toko sekitar sini. Saya ingin pergi ke swalayan terdekat, bisakah kamu beritahu saya di mana itu?)

Malik    : Sure! Start from here, what you need is just go straight, then turn left. At the end of the street, you will find Fun Market. (Tentu! Mulai dari sini, yang kamu butuhkan hanya lurus, kemudian belok kiri. Di akhir jalan, kamu akan menjumpai Fun Market)

Fajar     : Wahh, your direction is quite clear. Thank you, Malik. (Wah, arahan kamu cukup jelas. Terima kasih, Malik)

Malik    : Yeah, never mind. (Yeah, tidak masalah)

0 Comments:

Posting Komentar