EXPLANATION TEXT

    


    Sebenarnya, apa, sih, pengertian explanation text? Apa cuma teks yang berisi mengenai penjelasan aja?

Secara sederhana, explanation text merupakan sebuah teks yang berisi mengenai sebuah penjelasan secara detail. Biasanya, jenis teks ini berisi penjelasan tentang budaya, fenomena alam, masalah sosial, dan masih banyak lagi.

Tujuan Explanation Text

Tujuan explanation text sendiri yaitu untuk memberitahu kepada para pembaca mengenai bagaimana sesuatu itu terjadi. Dengan demikian, maka pembaca dapat membayangkan dan memahami suatu teks tersebut.

Ciri-Ciri Explanation Text

  • Semua yang dipaparkan pada Explanation Text merupakan fakta dari sebuah kejadian, tanpa ditambahkan opini dari penulis.
  • Topik pembahasan dari Explanation Text merupakan hal yang berhubungan dengan bidang keilmuan atau terdapat hubungan dengan ilmu pengetahuan
  • Explanation Text bersifat informatif serta tidak mencoba untuk mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap apa yang dibahas.
Language Feature Explanation Text
  • Grammar yang digunakan dalam explanation text adalah simple present text. 
  • Explanation text juga banyak menggunakan passive voice

Generic Structure Explanation Text
  • Introduction: Berisi pernyataan pembuka (opening statement) dan biasanya juga ada definisi dari apa yang akan dibahas dalam teks.
  • Explanation sequences: Merupakan penjelasan / isi / inti dari pembahasan teks. Biasanya dipecah menjadi beberapa bagian paragraf secara terurut.
  • Conclusion: Dalam bagian akhir dari Explanation Text berisi kesimpulan dari pembahasan  sebagai penutup teks.

Penerapan Generic Structure Pada Explanation Text

Have you ever wondered how volcanoes are formed? (introduction)

A Volcano is a vent or an opening on the earth surface which allows molten rock called magma, volcanic ash, and gas to escape out onto its surface. (opening statement)

Volcanoes are formed whenever there is a crack in the crust of the earth. A tube-like passage connects a chamber of magma (molten rock) at the centre of the earth to the earth's crust. (explanation sequence 1)

When the pressure builds up in the chamber, the magma, gases, and ash are pushed up through to the top of the tube on the earth's surface known as vent. (the explanation sequence 2)

The red hot magma that escapes to flow over the earth's surface is called lava which when gets cool, it will forms into rocks. (Explanation sequence 3)

In fact, the mountains we see today are nothing but solidified lava from previously erupted volcanoes. (conclusion)

0 Comments:

Posting Komentar