Kenapa Kita Perlu Mencoba Hal Baru?






Selain menikmati perjalanan hidup, ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan untuk mencoba hal baru, atau hal lama dengan cara yang berbeda. Yuk, intip penjelasannya!

1. Mencoba hal baru bisa menambah database di pikiran bawah sadar

Sangat penting untuk membuat ikatan baru pada sel-sel neuron di otak. Dengan semakin banyaknya sambungan sel neuron, maka kita akan semakin cerdas. Kecerdasan diukur bukan berdasarkan nilai atau prestasi belajar saja, namun seberapa banyak sambungan sel-sel neuron di otak.

Orang yang memahami satu bidang dengan sangat baik, biasanya memiliki sambungan sel-sel neuron yang sangat banyak. Itulah mengapa mereka dianggap pintar dan juga cerdas. Nah, untuk membuat ikatan baru di antara sel-sel neuron, mencoba hal baru adalah caranya.

2. Menambah pengalaman baru

Salah satu hal nyata yang terlihat dengan jelas dari mencoba hal baru adalah menambah pengalaman baru. Dengan mencoba hal baru, kita juga akan menambah wawasan, menikmati pemandangan berbeda, tempat, waktu, situasi, perasaan baru, dan tentunya menambah database ke pikiran bawah sadar, baik disadari maupun tidak. 

3. Memicu kreativitas dan produksi ide-ide segar

Kreativitas biasanya terbentuk melalui proses belajar, dan hasil dari kreativitas adalah tindakan. Sebelum tindakan terealisasi, di otak akan muncul beberapa ide yang akan dipilih untuk kemudian akan dilakukan.

Lalu pertanyaanya, mengapa dengan mencoba sesuatu yang baru kita bisa meningkatkan kreativitas dan menghasilkan ide-ide baru? Karena pada saat mencoba sesuatu yang baru, otak kita akan bekerja dengan cepat untuk menghasilkan ide dan menyambungkan sel-sel neuron.

Saat kita fokus mencoba hal baru, pikiran bawah sadar dengan tenang akan mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh pikiran sadar. Itulah mengapa saat kita merasa tenang atau fokus pada satu hal, jawaban dari pertanyaan akan muncul ke pikiran. 

4. Eksplorasi diri

Bakat, passion, serta hobi seseorang hanya bisa didapatkan dengan melakukan banyak kegiatan. Semakin banyak kegiatan yang dicoba, maka akan semakin mudah baginya untuk mengetahui kegiatan yang benar-benar disukai. Tidak ada orang sukses, yang hanya melakukan satu hal sepanjang hidupnya dan sukses besar di kegiatan tersebut. Justru kebanyakan dari mereka telah banyak melakukan kegiatan yang benar-benar mengantar mereka pada penemuan potensi diri mereka. Namun, ada juga yang kembali ke kegiatan awal karena merasa tidak puas secara batin. Hal ini terjadi karena mereka telah mencoba berbagai hal di luar sana. 

5. Menambah teman baru

Bukan hanya untuk menambah database, meningkatkan kreativitas, menghasilkan ide-ide segar, serta mengeksplorasi diri, dengan mencoba hal baru kita juga bisa menambah teman baru. Misalnya jika kita mau belajar berenang atau sekadar menemani teman untuk berenang, di kolam renang tentu saja kita akan bertemu dengan orang baru. Saat bertemu dengan orang baru, kita bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk bersosialisasi.

0 Comments:

Posting Komentar