PERINTAH-PERINTAH DALAM MICROSOFT WORD
Berikut adalah perintah dasar untuk menggunakan microsoft word, adapun cara menggunakan perintah-perintah berikut, harus di dahului dengan memblok tulisan yang akan di atur atau dirubah :
1. Bold, berfungsi untuk menebalkan. contoh : komputer menjadi komputer.
2. Italic, berfungsi untuk memiringkan tulisan. contoh : get my archives menjadi get my archives.
3. Underline, berfungsi untuk memberi garis bawah pada tulisan. contoh : Materi TIK menjadi Materi TIK
4. Striketthrough, berfungsi untuk memberi garis di tengah tulisan. contoh : Ms. Word menjadiMs. Word
2. Italic, berfungsi untuk memiringkan tulisan. contoh : get my archives menjadi get my archives.
3. Underline, berfungsi untuk memberi garis bawah pada tulisan. contoh : Materi TIK menjadi Materi TIK
4. Striketthrough, berfungsi untuk memberi garis di tengah tulisan. contoh : Ms. Word menjadi
5. Subscript, berfungsi untuk membuat tulisan agak turun kebawah. contoh : H2O menjadi H2O
6. Superscript, berfungsi untuk membuat tulisan agak naik keatas. contoh : H2O menjadi H2O
7. Change Case, berfungsi merubah huruf kecil menjadi besar atau sebaliknya. contoh tik menjadi TIK
8. Text Highlight color, berfungsi untuk memberi warna latar teks. contoh. payzo menjadi payzo
9. Font Color, berfungsi untuk mengganti warna tulisan. contoh Ms. Excel menjadi Ms.Excel
10. Alignment Left, berfungsi untuk membuat paragraf rata kiri.
11 Alignment Center, berfungsi untuk membuat paragraf rata tengah.
12. Alignment Right, berfungsi untuk membuat paragraf rata kanan.
13. Alignment Justify, berfungsi untuk membuat paragraf rata kiri dan kanan.
14. Font Style, berfungsi untuk merubah jenis huruf, contoh Komputer menjadi Komputer
15. Font Size, berfungsi untuk merubah ukuran huruf. contoh bezo menjadi bezo.
16. Grow Font, berfungsi membesarkan ukuran huruf.
17. Shrink Font, berfungsi mengecilkan ukuran huruf.
18. Clear Formatting, berfungsi mengembalikan format standar huruf.
19. Bullets, berfungsi untuk membuat daftar dengan urutan symbol.
20. Numbering, berfungsi untuk membuat daftar dengan urutan angka.
21. Multilevel List, berfungsi untuk membuat sub level sebuah daftar.
Toolbar standart ini adalah kumpulan dari perintah dasar yang bisa di jadikan modal awal untuk mengoperasikan Microsoft Word.
6. Superscript, berfungsi untuk membuat tulisan agak naik keatas. contoh : H2O menjadi H2O
7. Change Case, berfungsi merubah huruf kecil menjadi besar atau sebaliknya. contoh tik menjadi TIK
8. Text Highlight color, berfungsi untuk memberi warna latar teks. contoh. payzo menjadi payzo
9. Font Color, berfungsi untuk mengganti warna tulisan. contoh Ms. Excel menjadi Ms.Excel
10. Alignment Left, berfungsi untuk membuat paragraf rata kiri.
11 Alignment Center, berfungsi untuk membuat paragraf rata tengah.
12. Alignment Right, berfungsi untuk membuat paragraf rata kanan.
13. Alignment Justify, berfungsi untuk membuat paragraf rata kiri dan kanan.
14. Font Style, berfungsi untuk merubah jenis huruf, contoh Komputer menjadi Komputer
15. Font Size, berfungsi untuk merubah ukuran huruf. contoh bezo menjadi bezo.
16. Grow Font, berfungsi membesarkan ukuran huruf.
17. Shrink Font, berfungsi mengecilkan ukuran huruf.
18. Clear Formatting, berfungsi mengembalikan format standar huruf.
19. Bullets, berfungsi untuk membuat daftar dengan urutan symbol.
20. Numbering, berfungsi untuk membuat daftar dengan urutan angka.
21. Multilevel List, berfungsi untuk membuat sub level sebuah daftar.
Toolbar standart ini adalah kumpulan dari perintah dasar yang bisa di jadikan modal awal untuk mengoperasikan Microsoft Word.
Operasi dasar yang terdapat dalam Microsoft Word, diantaranya: New, Open, Save, Print, Close dan Exit. Perintah-perintah tersebut sangat bermanfaat dalam membantu mengelola data atau dokumen yang dibuat pada program ms word, pada postingan ini akan di bahas satu persatu dari operasi dasar tersebut
1. New
Fasilitas New di dalam Ms Word berfungsi untuk membuka atau membuat dokumen baru. kita bisa membuka dokumen baru/kosong tanpa harus menutup terlebih dahulu aplikasi dokumen yang sedang kita kerjakan. Jadi kita bisa membuka dan mengoperasikan lebih dari satu dokumen.
adapun langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut:
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. pilih dan klik New
c. pada dialog New Document double klik pada Blank Document atau klik Create
lihat gambar berikut
2. Open
Fasilitas dalam Ms Word yang berguna untuk membuka atau menampilkan kembali data/dokumen yang sudah pernah kita simpan sebelumnya. dengan fasilitas ini kita bisa membuka atau memanggil dokumen yang akan kita kelola dan kita edit kembali.
langkah-langkah mengoperasikannya adalah
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. Pilih dan Klik sub menu Open
c. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Open
d. Cari file atau dokumen yang diinginkan
e. Kemudian klik ganda atau klik perintah Open.
Lihat gambar berikut:
Fasilitas dalam Ms Word yang berguna untuk membuka atau menampilkan kembali data/dokumen yang sudah pernah kita simpan sebelumnya. dengan fasilitas ini kita bisa membuka atau memanggil dokumen yang akan kita kelola dan kita edit kembali.
langkah-langkah mengoperasikannya adalah
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. Pilih dan Klik sub menu Open
c. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Open
d. Cari file atau dokumen yang diinginkan
e. Kemudian klik ganda atau klik perintah Open.
Lihat gambar berikut:
3. Save
Fasilitas ini sangat penting karena berguna untuk menyimpan data atau dokumen yang sudah kita buat. Dengan melakukan save atau penyimpanan maka dokumen akan tersimpan dalam komputer atau harddisk dan kita bisa membuka dan memanggilnya kembali jika diperlukan.
Adapun langkah-langkahnya adalah
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. Pilih dan klik sub menu Save
c. Pada tampilan dialog save tentukan
Ø Tempat penyimpanan dokumen
Ø Tulis Nama File/dokumen
Ø Pilih type penyimpanan pada save as type
d. Setelah ditentukan semua maka klik Save/enter
Lihat gambar berikut
Fasilitas ini sangat penting karena berguna untuk menyimpan data atau dokumen yang sudah kita buat. Dengan melakukan save atau penyimpanan maka dokumen akan tersimpan dalam komputer atau harddisk dan kita bisa membuka dan memanggilnya kembali jika diperlukan.
Adapun langkah-langkahnya adalah
a. klik menu Office Button pada sebelah pojok kiri atas
b. Pilih dan klik sub menu Save
c. Pada tampilan dialog save tentukan
Ø Tempat penyimpanan dokumen
Ø Tulis Nama File/dokumen
Ø Pilih type penyimpanan pada save as type
d. Setelah ditentukan semua maka klik Save/enter
Lihat gambar berikut
4. Print
Yaitu fasilitas yang berguna untuk mencetak dokumen yang sudah kita kerjakan atau kelola. Perintah dari fasilitas ini merupakan bagian akhir dalam bekerja menggunakan Microsoft Office Word. Melalui mesin printer, dokumen akan tercetak mulai halaman awal sampai halaman akhir.
Untuk mencetak dokumen menggunakan Microsoft Office Word 2007, langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Klik Office Button yang berada di sebelah kiri atas
b. Pilih dan klik Print
c. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Print,
sebagai mana gambar berikut:
Yaitu fasilitas yang berguna untuk mencetak dokumen yang sudah kita kerjakan atau kelola. Perintah dari fasilitas ini merupakan bagian akhir dalam bekerja menggunakan Microsoft Office Word. Melalui mesin printer, dokumen akan tercetak mulai halaman awal sampai halaman akhir.
Untuk mencetak dokumen menggunakan Microsoft Office Word 2007, langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Klik Office Button yang berada di sebelah kiri atas
b. Pilih dan klik Print
c. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Print,
sebagai mana gambar berikut:
d. Atur beberapa perintah yang di butuhkan
e. Kemuian klik Print atau OK.
e. Kemuian klik Print atau OK.
5. Close
Adalah fasilitas dalam Ms. Word yang digunakan untuk menutup dokumen yang sedang kita kelola. Menggunakan fasilitas Close hanya ketika kita ingin menutup dokumennya saja dan kemudian kita ingin membuka kembali dokumen baru atau memanggil dokumen lama.
6. Exit
Fasilitas ini dimaksudkan untuk menutup atau keluar dari program aplikasi Microsoft Office Word yang sedang kita kelola. Dengan menutup exit maka baik dokumen maupun program semuanya akan tertutup.
Jadi yang perlu kita pahami antara Close dan Exit adalah jika kita meng-klik Close maka yang keluar hanya dokumennya saja sedang programnya masih aktif, tetapi jika kita meng-klik Exit maka dokumen sekaligus program yang digunakan sama-sama ikut tertutup.
0 Comments:
Posting Komentar