EXPOSITION TEXT (BAHASA INGGRIS MINAT KELAS XI)

Definisi dan Fungsi Exposition Text

Exposition Text atau teks eksposisi dibagi menjadi dua yaitu hortatory exposition dan analytical exposition.

Hortatory Exposition

Hortatory exposition adalah jenis teks eksposisi yang diawali dengan suatu pernyataan yang berisi masalah / isu yang dijadikan sebagai tema tulisan, kemudian di dukung oleh berbagai argument/pernyataan serta bukti pendukung yang dapat mengarahkan pembaca pada sudut pandang penulis dan ditutup dengan saran atau rekomendasi dari si penulis akan apa yang seharusnya dilakukan atau terjadi terkait dengan masalah atau isu yang ditampilkan di awal.

Analytical Exposition

Sedikit berbeda dengan hortatory exposition , analytical exposition adalah jenis teks eksposisi yang diawali dengan pernyataan yang menunjukkan sikap, opini, pernyataan atau posisi penulis terhadap tema yang dibahas kemudian didukung oleh berbagai argumen dan ditutup dengan penegasan atau pernyataan ulang tentang opini yang dinyatakan di bagian awal.

Adapun fungsi dari exposition text adalah untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa tema yang diangkat menarik untuk dibahas melalui pendapat-pendapat atau argumen yang dipaparkan.

Struktur Teks/ Generic Structure

Thesis : pada hortatory exposition bagian ini akan berisi isu atau masalah yang akan diangkat sedangkan pada analytical exposition bagian ini akan berisi posisi, opini atau sikap si penulis.

Argument : berisi pendapat-pendapat/ argumen yang mulai dipaparkan oleh penulis. Baik pada hortatory exposition dan analytical exposition memiliki penjelasan yang sama dalam bagian ini.

Reiteration : reiteration merupakan kesimpulan. Pada hortatory exposition akan berisi rekomendasi atau saran dari sang penulis terhadap masalah yang menjadi tema tulisan sedangkan pada analytical exposition, bagian ini akan berisi pernyataan ulang dari sang penulis

Unsur Kebahasaan

  • Menggunakan simple present tense
  • Banyak menggunakan conjunction (kata hubung) seperti because of, so, therefore, the reason, dan lain-lain.
  • Berisi argumen-argumen.
  • Banyak menggunakan kata-kata yang mengandung sebab akibat/ cause-effect
  • Menggunakan kosakata yang mampu membangkitkan emosi pembaca seperti: amused, concern, innocent, monster, unreasonable etc.

Contoh Exposition Text:

Cars and Accidents

Car is the most popular transportation. However, there are many different causes of car accidents in streets.
Sometimes accidents are caused by bad weather. Ice or snow can make toads very dangerous. Accidents also can result from problems with the car.

Even a small problem like a flat tire can be serious. Bad roads are another cause of accidents.
Some accidents are caused by drinking too much alcohol.

Knowing some factor causing accident is extremely important to prevent accident while driving.

0 Comments:

Posting Komentar